Recent Comments
    Categories
    February 2020
    M T W T F S S
    « Sep    
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    242526272829  

    IMG_4982

    Buat teman-teman mahasiswa baru UMM bingung mau cari buku dan perlengkapan alat tulis? Bookstore UMM bisa menjadi salah satu alternatifnya selain lokasinya yang tidak jauh dari kampus 3 yakni tepatnya di Jl. Raya Mulyo Agung No 50 bookstore ini juga kepilikan kampus kita tercinta hehehe. Diresmikan pada tanggal 21 Agustus 2005 bookstore UMM telah memiliki 3 divisi yaitu divisi buku, divisi stationery dan divisi computer dan beberapa waktu yang lalu bookstore mengembangkan satu divisi baru yang dinamai pusat souvenir UMM yang mana didalamnya terdapat souvenir-souvenir yang cantik dan lucu ala-ala UMM wah mahasiswa UMM harus punya nih kita bisa mndapatkan stiker, gantungan kunci, dan souvenir lainnya. Toko yang memiliki lahan parkir lumayan luas ini sering di datangi para mahasiswa mahasiswa baru dan mahasiswa mahasiswa lama. dengan harga yang murah inilah yang menjadi salah satu alasan kita para mahasiswa mendatangi toko buku milik universitas muhammadiyah malang

    IMG_4980

    h

    Woho UMM punya hotel loh. Hotel ini merupakan hotel pendidikan pertama yang ada di Malang. Sekali lagi UMM INN adalah memiliki fasilitas yang terbuka untuk publik, fasilitas terdiri dari ruangan ber AC, terserdia air panas dan dingin, restoran dan kedai kopi, area parkir gratis dan lainnya. Bukan hanya, untuk penginapan hotel ini juga tempat yang sempurna untuk pertemuan, konferensi dan seminar sekaligus pelayanan yang mudah bagi kebutuhan berbagai tema pesta yang sesuai dengan apa yang diinginkan. Pengunjung akan bisa menikmati perpaduan nuansa elegan yang bercitarasa modern, nyaman, dan bernuansa klasik dari 40 ruang tamu dan suite yang unik. Dijamin deh siapapun yang berminat mengunjungi hotel ini akan menemukan perbedaan yang membuat UMM INN  menjadi pilihan favorit di antara hotel-hotel di Batu dan Malang. Btw hotel ini tidak jauh dari kampus 3 UMM loh tempatnya juga strategis dan mudah ditemukan, tepatnya di Jl. Sengkaling no 1 Mulyoagung Malang.

    rumah-sakit-universitas-muhammadiyah-malang

    Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang merupakan fasilitas publik yang bisa diakses masyarakat luas. Berdiri di atas tanah seluas sembilan hektar dan memiliki bangunan utama setinggi enam lantai dan beberapa bangunan gedung penunjang setinggi lima lantai dan gedung rawat inap setinggi tiga lantai. Waah daebak banget yaa? Wkwkw bentuk bangunan yang ada pun megah dan tertata rapi dengan ciri khas tiongkok chineese gimana gitu membuat bangunan ini mudah di kenali oleh segala lapisan masyarakat. Bangunan ini secara resmi di buka dan diresmikan oleh presiden Republik Indonesia ke -5. Dan baiknya lagi pelamar yang ingin bekerja disini apalagi lulusan Kampusku ini akan lebih dipertimbangkan loh.

    IMG_4986

    Masjid KH M. Bedjo Darmpleksono ini nih salah satu yang istimewa karena masjid ini dibangun bukan oleh komunitas Muslim Tionghoa Indonesia melainkan dibangun oleh Universitas Muhammadiyah Malang. Yaps bangunan ini kece abis pokoknya dah. Dipilihnya arsitektur Tiongkok dengan tiga lapis atap masjid, menandaman UMM bersidat terbuka, plural, dan bisa belajar dari mana saja sampai ke negri Cina. Wah bagus banget makna nya. Dr. Muhadjir Effendy, MAP memberi nama masjid itu dengan nama Masjid KH M. Bedjo Darmoleksono, Nama seorang tokoh pelopor Muhammadiyah di Malang.  Dibuat sebagai baground foto juga kerenloh berasa di Cina dah wkwkwk.

     

     

    taman-rekreasi

    Taman Rekreasi Sengkaling. Apa UMM punya taman rekreasi ? Yups banyak banget ya fasilitas yang disediakan hingga ke taman rekreasi segala hahaha.Oke baiklah Taman Rekreasi Sengkaling terletak di  Jl. Raya Mulyoagung No. 188, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, atau berjarak sekitar10 km dari pusat Kota Malang. Lokasinya sangat strategis karena tepat berada di tepi jalan raya yang menghubungkan antara Kota Malang dengan Kota Batu, sehingga sangat mudah dicapai oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

    IMG_4984

     Di dalam nya terdapat banyak sekali wahana yang diperuntukkan untuk umum di antaranya adalah taman bermain, wahana permainan di darat dan air, gedung serbaguna, dan kolam pemandian. Wah asyik banget buat keluarga maupun mahasiswa harga tiket masuknya pun pas dengan kantong mahasiswa yang mayoritas adalah anak kos hehe. Kalo lagi penat kuliah TR Sengkaling bisa jadi salah satu list kunjungan loh .

    sengkaling-food-festiva

    Masih dikawasan TR Sengkaling ini terdapat Sengkaling Kuliner atau bahasa kerennya itu Sengkaling Food Festival ( SFF ) yang merupakan ikon wisata baru di Malang. Konsep penggabungan taman rekreasi dan wisata kuliner ini sangat lah luar biasa hingga dapat memberikan kesan sensasional yang tak terlupakan. Di area Sekul ini kita bisa mendapati makanan tradisional hingga western dengan harga pas dan tentunya berkualitas dong.

    Selain kuliner , SFF juga menyediakan tenant yang menjual makanan / minuman khas Malang yang dapat dijadikan oleh – oleh , serta terdapat butik yang menjual pakaian bermerek dan berkualitas . SFF sangat tepat sebagai tempat hang out , meeting point , kongkow dan kumpul dengan keluarga , teman maupun kolega.

    Pokoknya tempat ini recomended banget buat mahasiswa dan keluarga. Asik pool ..

    IMG_4985

     

    Kedua lokasi ini terletak di kampus tiga Universitas Muhammadiyah Malang. Masjid dan SPBU ini merupakan fasilitas publik yang diberikan kampusku untuk seluruh mahasiswa UMM serta masyarakat sekitar yang ingin menggunakan tempat tersebut.

    masjid2

    Masjid AR Fahrudin berdiri di atas aliran Sungai Brantas, sedangkan di depannya Jalan Raya Tlogomas Malang, Jawa Timur. Posisi yang berdekatan dengan jalan raya ini membuat masjid ini mudah disinggahi.Bangunan masjid yang menempati tanah seluas 6.000 meter persegi ini terdiri dari lima lantai. Tempat ibadahnya menempati lantai tiga dan empat. Sementara itu, lantai satu, dua, dan lima digunakan untuk berbagai kegiatan.

    Masjid ini merupakan masjid milik kampus yang terbesar di Asia Tenggara. Wahh hebat bukan kampusku? Masjid ini ditopang dengan 81 tiang sehingga terlihat kokoh. Bahkan, bangunan ini dinyatakan sudah teruji kekokohannya dengan beberapa kali diguncang gempa. Di dalam masjid terhampar karpet merah yang berasal dari Arab Saudi.


    Semangat modernitas Kebudayaan Jawa, Arab, dan modern menyumbang pada penampilan arsitektur masjid UMM ini. Kehadiran cungku pada ujung setiap kubah adalah sumbangan dari kebudayaan Jawa. Ornamen dan pilar hadir dalam gaya modern. Disebutkan, penampilan modern ini untuk menggambarkan semangat modernitas dalam ajaran Islam. Kehadiran pilar yang gagah perkasa itu enggambarkan bangunan tauhid. Kubah berikut ornamen buah dan daun melambangkan amal saleh.

    spbu

    SPBU milik kampusku in terletak di samping masjid AR Fahrudin. Pendirian SPBU ini bertujuan mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa. Di lokasi SPBU tidak hanya tangki-tangki pengisian bahan bakar minyak saja yang ada namun ada beberapa fasilitas umum lainnya yang bisa teman-teman akses di SPBU ini seperti cafetaria yang berupa mini market kecil, toilet umum dan resting area yang bertempat di lantai dasar. SPBU UMM tempatnya strategis banget semua bentuk bahan bakar pun juga tersedia disini. Jangan mengaku mahasiswa UMM deh kalo belum pernah mengisi bahan bakar minyak di SPBU ini.

    IMG_4979

    logo-psi

    Psikologi? Psikologi adalah sebuah bidang ilmu pengetahuan dan ilmu terapan yang mempelajari mengenai perilaku dan fungsi mental manusia secara ilmiah. Para praktisi dalam bidang psikologi disebut para psikolog.

    Sejarahnya sendiri di UMM pun dimulai pada tahun 1985. Berdasarkan ketentuan kurikulum nasional, maka sejak 1993 Fakultas Psikologi tidak lagi memiliki jurusan-jurusan dan hanya menyelenggarakan satu program studi, yaitu program studi Psikologi dengan enam bentuk peminatan. Sejalan dengan Sistem Pendidikan Tinggi, Fakultas Psikologi secara Nasional diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) dan Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memperoleh predikat “Terakreditasi A”  dengan SK No.: 08400/Ak-IX-S1-030/UMMCZI/II/2006 tanggal 9 Februari 2006. Dengan demikian Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang dapat melaksanakan secara mandiri segala kegiatan akademiknya. Prestasi ini masih terus dapat dipertahankan oleh Fakultas Psikologi dengan diperolehnya kembali “Akreditasi A” berdasarkan SK.BAN.PT. No 16 tahun 2011 yang berlaku hingga tahun 2016.

    trfyrty

    Perkembangan FakultasbPsikologi di Kampusku ini juga sangat pesat sekali seiring dengan kemajuan teknologi dan paham ilmu tentang perilaku manusia terhadap individu dan sosial ditambah dengan fasilitas yang memadai serta praktek lapangan yang dilakukan kampusku ini menjadikan Fakultas Psikologi di Universitas Muhammadiyah Malang masuk dalam jajaran Fakultas Psikologi terbaik di Indonesia.

    Dalam bidang keilmuan psikologi terutama dalam prospek pendidikan dan jurusan psikologi, para lulusan psikologi dapat memiliki peluang kerja yang besar seperti berikut ini:

    1. Psikolog/konsultan di biro pelayanan jasa psikologi manajemen dan organisasi.
    2. Staf dan manajer di bagian pengembangan sumber daya manusia (SDM) pada berbagai perusahaan dan organisasi.
    3. Psikolog/asisten psikolog di Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Jiwa.
    4. Psikolog/asisten psikolog di lembaga lembaga pendidikan.
    5. Psikolog/asisten psikolog di Lembaga Psikologi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri).
    6. Psikolog/asisten psikolog di Lembaga lembaga pemerintahan.
    7. Tim kreatif di Biro-biro Advertising.
    8. Wirausahawan pada jasa pelayanan psikologi, manajemen dan organisasi.

    download

    Universitas Muhammadiyah Malang atau yang lebih dikenal UMM “Kampus Putih” merupakan salah satu perguruan tinggi swasta terbaik dan terbesar di Indonesia. Universitas ini telah terakreditasi Adengan Nomor SK: 074/SK/BAN-PT/Ak-IV/PT/II/2013.

    Kampusku ini terdapat di tiga lokasi yang mana kampus utama dan terbesar terletak di Jalan Raya Tlogomas 246 kota Malang,Jawa Timur.

    umm8

    Walaupun UMM ini merupakan universitas swasta yang bernaung di dalam persatuan kemuhammadiyahan namun kampus ini merupakan kampus yang sangat bergengsi.  Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadyah dan merupakan perguruan tinggi Muhammadiyah terbesar di Jawa Timur.

    Karena UMM ini terletak di salah satu kota pelajar di Indonesia dengan posisi yang sangat strategis yaitu Kota Malang menjadikan kampusku ini pilihan favorit yang sangat di idamkan banyak mahasiswa baru. Bahkan, di tahun 2016 pendaftar mencapai tiga ribu lebih untuk seleksi tahap gelombang 1. Namun sayangnya di tahun ini kuota dari beberapa Fakultas dikurangi dikarenakan untuk meningkatkan mutu dan kualitas UMM sendiri.

    umm1

    Fasilitas yang disediakan kampusku ini sangatlah banyak dari yang khusus untuk mahasiswa UMM hingga fasilitas yang diperuntukan untuk publik. Lingkungan UMM itu sejuk, bersih, rimbun, dan tentunya indah banget, ditambah lagi dengan warna dan tata gedung yang rapi membuat kampus putih ini sangat enak sekali dipandang mata, nggak salah kalo UMM juga dikenal sebagai kampus wisata, jadi UMM merupakan pilihan tepat bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studi setelah lulus SLTA. Tidak hanya kualitas lingkungan yang menjadikan UMM layak jadi pilihan pertama, namun kulitas pendidikan yang memang tidak kalah dengan perguruan tinggi. Tidak hanya itu saja, fasilitas yang sangat lengkap, telah lama menjadi penunjang studi di UMM, baik yang menunjang proses akademik seperti laboratorium, e-learning, serta akses gratis hotspot, terus penunjang olahraga dan seni, UMM DOME, hingga rusunawa (asrama UMM) yang sangat membantu kemajuan semua warga UMM, ditambah lagi dengan usaha mandiri yang dikembangkan seperti Pom Bensin UMM, UMM inn, Rumah Sakit UMM, Taman Wiasata Sengkaling, dan masih banyak lagi. Karena UMM berlandaskan Islam, maka bagi teman-teman yang ingin memperdalam ilmu agama, maka UMM bukan pilihan yang salah.

    PATI LOGO

    PATI? Apa itu?

    Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi atau biasa disingkat PATI dan lebih dikenal dengan istilah Pelatihan APLINET (Pelatihan Aplikasi Internet) adalah suatu kegiatan pelatihan yang diwajibkan bagi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai segala yang berhubungan dengan teknologi informasi, khususnya teknologi informasi yang ada di UMM. Dalam kegiatan ini akan disampaikan diantaranya adalah materi tentang internet, browsing, layanan teknologi informasi di UMM (seperti e-mail, blog dan e-learning), layanan teknologi informasi secara umum (seperti search engine, online document dan hosting) serta microsoft office khususnya microsoft excel dan powerpoint.

    Setelah saya menjalani pelatihan dan berbagai tugas yang diberikan di PATI ini wawasan saya tentang pengaplikasian internet menjadi lebih banyak lagi. Adapun beberapa tips dan trik yang akan saya berikan antara lain :

    1. Sebelum berangkat PATI usahakan untuk selalu mengisi tenaga seperti makan dan tidur yang cukup agar lebih berkonsentrasi.
    2. Bawalah laptop (notebook kalau bisa agar lebih ringan) sendiri supaya lebih leluasa
    3. Jangan lupa membawa buku absensi PATI
    4. Bawalah buku PATI/pedoman PATI
    5. Agar tidak repot buatlah e-mail Google terlebih dahulu ( karena google paling diutamakan di pembelajaran ini.Di setiap pertemuan kita akan diberi soal evaluasi yang dikerjakan di internet, di website kuliah-ppai.umm.ac.id. Di setiap evaluasi kita diberi 2 kali kesempatan menjawab, 1 kali kesempatan diberi waktu sekitar 30 menit, dan diberi soal sekitar 70 soal, ada 3 evaluasi yang harus kita kerjakan selama PATI.
    6. Dengarkan lah baik-baik setiap langkah yang diberikan oleh trainer jika perlu di catat agar tidak lupa.
    7. Jangan menunda tugas karena tugasnya lumayan banyak loh.

    Itulah beberapa tips dan trik yang bisa saya berikan semoga bisa membantu mahasiswa baru selanjutnya yang akan mengikuti PATI.

    86dd8efbc8596fff9c0244a6fe2eaa26_teknologi_digital

    Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di indonesia berkembang dari tahun ke tahun sejak indonesia masih dalam penjajahan Belanda. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia pada masa penjajahan dipelopori dan diperkenalkan oleh pemerintah kolonial Belanda. Pada waktu itu masyarakat diperkenalkan pada persenjataan modern baik yang ringan maupun yang berat. Teknologi lain yang diperlihatkan dan digunakan oleh Belanda berupa kendaraan tempur dan alat-alat transportasi lainnya. Teknologi-teknologi tersebut berasal dari negara-negara di Eropa. Kemudian pemerintah kolonial Belanda menanamkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan di sekolah-sekolah maupun dengan cara penggunaan secara langsung kepada masyarakat di indonesia.

    Perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dari barat di Indonesia membawa dampak bagi kemajuan negara Indonesia. Masyarakat Indonesia mulai melakukan pergerkan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Di samping itu penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia juga membawa dampak bagi semangat juang bangsa Indonesia. Mereka memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi modern untuk mencari informasi-informasi terkini mengenai keadaan dunia. Oleh karena itu masyarakat Indonesia benar-benar terbantu dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

    Pada masa kolonial perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi belum begitu maksimal. Pemerintah koloniallah yang menjadi penyebab perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di indonesia. Pemerintah kolonial menghalangi akses-akses masuknya ilmu pengetahuan dan teknologi dari barat ke Indonesia. Mereka juga melakukan pelarangan terhadap pendidikan bagi masyarakat Indonesia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Akibatnya indonesia tertinggal jauh dengan negara-negara di sekitarnya. Secara keseluruhan penyebab lain dari ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah sebagai berikut :

    1. Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi
    2. Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan iptek
    3. Pemerintah Belanda dan perusahaan-perusahaan yang berada di indonesia untuk melakukan alih teknologi.
    4. Minimnya industrialisasi.
    5. Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat indonesia sendiri.

    Setelah merdeka, perkembangan ilmu pengatahuan dan teknologi berkembang pesat di Indonesia. Hal ini didorong dengan terbukanya akses-akses untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Kemerdekaan menciptakan keadilan dalam mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi bagi masyarakat di Indonesia. Mereka mempelajari sedikit demi sedikit di sekolah-sekolah yang sudah dibuka untuk semua kalangan masyarakat Indonesia. Dengan bekal pengetahuan ini kemudian masyarakat Indonesia melakukan berbagai inovasi dan eksperimen ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di Indonesia.

    Pembangunan bidang iptek pada PJPT II merupakan kesinambungan perluasan dari PJPT I. Menurut GBHN 1993 sasaran pembangunan ekonomi PJPT II adalah sebagai berikut:

    1. Tercapainya kemampuan nasional dalam pemanfaatan, pengembangan, dan penguasaan iptek yang dibutuhkan bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan, peradaban, ketangguhan, dan daya saing bangsa.
    2. Terpacunya pembangunan yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan menuju masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri, dan sejahtera yang dilandasi nilai-nilai spiritual, moral dan etik berdasarkan nilai luhur bangsa serta nilai keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

    Untuk mencapai sasaran tersebut, maka arah pembangunan iptek adalah sebagai berikut:

    1. Pemanfaatan pengembangan dan penguasaannya dapat mempercepat proses pembaharuan.
    2. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
    3. Memperluas lapangan kerja.
    4. Meningkatkan kualitas harkat dan martabat bangsa serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

    Read the rest of this entry »

    Kota Jambi? Di daerah manakah itu? Disebelah mana nya Sulawesi?. Wah pertanyaan itu sering kali aku jumpai, terkadang aku merasa seperti dari planet yang berbeda. Sebegitu tidak terkenalkah kota kelahiranku ini? Namun, dibalik itu semua Kota Jambi menyimpan banyak budaya yang patut di banggakan Indonesia.

    Kota Jambi adalah ibukota dari Propinsi Jambi yang berada di tengah daratan Pulau sumatra. Kotaku ini sudah berumur ratusan tahun dan mempunyai sejarah yang panjang sebelum akhirnya menjadi seperti sekarang. Saat ini kota jambi pun masih terus berkembang untuk mengejar ketertiggalannya dengan kota lain khususnya di Pulau Sumatra. Sebagai kawasan yang sedang berkembang, teman-teman semua dapat melihat gaya hidup modern dan tradisional masih berjalan berdampingan.

    gentala arasy saat senja

    Saat teman-teman datang dari Bandara Sultan Thaha menuju pusat kota Jambi, tepatnya dipersimpangan tugu adipura, kalian akan melewati sebuah patung sejumlah manusia sedang menari dengan jumlah (kalau tidak salah) 15 patung. patung itu adalah patung Tari Sekapur Sirih. Patung tari sekapur sirih ini dibuat oleh pemerintah setempat sebagai simbol “selamat datang” di Kota Jambi . Read the rest of this entry »